My Pages

Wednesday, January 12, 2011

Perpisahan

Waktu terus berjalan, semakin lama semakin kita harus mempersiapkan diri kita untuk di tinggal oleh orang - orang yang dikasihi. Gue sendiri sesungguhnya nggak pernah tau seperti apa benar - benar ditinggal oleh orang yang dikasihi. Selama hidup, people come and go like wind seperti ketika masuk sekolah punya teman baru lalu ketika lulus maka harus berpisah dengan teman - teman yang dikasihi, atau ketika kita pindah ke tempat kerja yang baru maka kita harus berpisah dengan teman - teman di kantor yang lama. Seumur hidup, ga pernah gue merasakan yang namanya perpisahan abadi.

Namun lambat laun, hal itu harus gue hadapi juga, awal tahun 2011 ini salah satu orang yang paling gue sayangi meninggalkan gue untuk selama - lamanya, Phopho gue. Tadinya gue pikir gue sudah siap untuk kepergiannya mengingat umurnya sudah menjelang 100. Tetapi ketika hal itu terjadi ternyata gue malah belum siap. Dulu ketika dia masih sehat, gue masih terlalu kecil untuk ingat kasih dia sama gue, ketika gue sudah mulai bisa membalas sedikit demi sedikit, dia sudah nggak bisa lagi merasakannya karena usia yang menyebabkan dia buta dan nggak bisa jalan.

Sekarang dia sudah pergi tanpa bisa merasakan balasan gue atas kasihnya, gue ga akan pernah liat senyumannya lagi, rambutnya yang putih, dan ga akan bisa lagi merasakan kasih sayangnya.

Seumur hidupnya dia sudah menjadi ibu, nenek, buyut yang sangat amat baik, dan ketika dia meninggal seluruh keluarga besar begitu kehilangan. Satu yang gue ingat, nggak akan ada lagi kumpul - kumpul perayaan tahun baru imlek dirumahnya, bahkan gue sangsi kalau tradisi kumpul - kumpul itu masih akan berjalan.

Selamat Tinggal akar dari keluarga besar Jap

Jap Evi Djamoto

1910 - 2011





3 comments:

AdeLheid said...

turut berduka ya lin...
Suatu saat akan datang waktunya berkumpul lagi dirumah Bapa.
Gw jg ngerasain ikatan dgn keluarga besar agak berkurang sejak kakek nenek gw ga ada :(

Cherlee said...

turut berduka cita ya lin~
kdg2 walo udah ditinggal, rasanya gw msh ga percaya klo udah ditinggal...

sampe skrg aja kdg2 gw msh merasa lady di dan michael jackson itu msh hidup ^o^
atau bokap gw msh ada di tokonya...
atau popo gw msh duduk di toko...

tp klo lagi sadar, yah.. they're gone..

Olin said...

Thanx all