My Pages

Friday, January 8, 2010

Please help

Gue ga ingin dibilang sok baik atau apa yah, tapi hal ini mengganggu gue sejak gue kembali ngantor dari liburan Natal dan akhir tahun gue.

Sebelumnya, gue ga pernah sepeka ini terhadap hal - hal disekitar gue, tapi, mungkin karena gue sekarang seorang ibu, jadi hal ini ikut menjadi beban pikiran gue.

Jadi gini, ada seorang ibu pengemis dan seorang anaknya, mereka biasa mangkal di depan kantor gue. Jadi kalau ada yang tau Menara Bank Danamon, Mega Kuningan, dia mangkal pas di trotoar deket nunggu shutle bus itu.

Dulu, gue inget banget saat pengemis itu *sorry* breastfeed anaknya yang masih bayi, trus waktu berlalu ...... tiba - tiba sekarang gue liat anaknya sekarang udah besar, mungkin udah sekitar 1 atau 2 tahun-an. Yang buat hati gue miris adalah anak itu sekarang busung lapar, fisiknya menyedihkan sekali.

Sejak gue kembali dari liburan gue, setiap kali gue pergi lunch, gue selalu memperhatikan anak itu, dan sejak saat itu ntah gimana, gue selalu mikirin dia, gue miris banget kalo mikirin anak kita kayak gitu.

Menurut gue, fisik ibunya nggak begitu mengerikan, kurus iya tapi nggak menyedihkan, malah terbilang masih sehat dan cukup makan. Gue takutnya ibunya ini sengaja bikin anaknya busung lapar, supaya orang merasa belas kasihan. Tapi gue ga mo negatif thinking, gue pikir gue juga ga tau background ibu itu, kalo misalnya gue berdua aja ama anak gue yang masih bayi, gue juga bingung gimana caranya kerja kalo baby gue ga ada yang jagain, maka pasti gue harus bawa dia, tapi mana ada tempat kerja yang mau ada baby, maka mau ga mau dia ngemis biar bisa bawa anaknya kemana - mana.

So, gue kemaren melakukan satu action yang bertujuan untuk sedikit membatu dia. Trus temen gue bilang "nanti sama ibunya juga ga dikasih ke anaknya, dijual iye !". Mungkin dulu gue akan bilang "biarin aje, yang penting niat gue untuk anaknya", tapi sekarang gue juga akhirnya nambah khawatir kalo usaha gue sia - sia, dan gue sedikit sebel ama sikap skeptis temen gue.

Mungkin orang akan bilang "ada ribuan anak kayak gitu diluar sana, kenapa lo harus peduli dengan yang satu ini?" Jawaban gue, karena dia ada di depan mata gue, dan sangat ke ekspose sama gue, ntah gimana bahwa gue merasa melihat anak ini mati pelan - pelan dengan busung laparnya, and i just can't stand still.

Gue cuma pengen supaya anak ini bisa sembuh dari busung laparnya, dan supaya dia merasa bahwa sebagai manusia dia juga berhak hidup layak. Bantu doanya ya frens !

Anak ini ga tau dia akan hidup seperti apa ketika dia dikandung ibunya, dan ketika dia lahir, dia mempunyai fungsi agar orang - orang sadar bahwa dibanding dia, hidup mereka sangat diberkati !


2 comments:

Cherlee said...

sbnrnya gw jg kasian sama semua anak2 yg digendong ngemis sama ibu2 itu.. soalnya mereka suka dicubitin/dipukulin supaya nangis dan org ksian, suka ga dikasih makan krn "tdk memenuhi target", yg cewe klo udah gede suka dijual.. yah begitu2 deh.... mau nolong jg bingung.. gmn caranya? apakah dgn gw ksh emaknya duit trus bs membuat kehidupannya lbh baik? bukannya gw malah membantu emaknya melakukan hal yg tdk baik? dilema emang untuk yg satu ini.. jd gw cuma bisa berdoa aja... krn persoalan ini sbnrnya hanya bisa ditangani dan diberantas pemerintah.. klo mau ada penggalangan dana yg murni untuk memberantas ini, gw mau lho nyumbang.. mgkn akan ada LSM-nya..?

oleen jap said...

Gue dah email cher ke YKAI, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia, eh tapi email gue kaga dibales2 perasaan.