My Pages

Wednesday, March 17, 2010

The Other Queen (Spoiler heavy)

Oh ya i just finished read this fabulous book ! Cerita tentang Mary Queen of Scot, rival berat Ratu terhebat yang Inggris pernah punya, Elizabeth I.

Cerita dimulai saat Mary datang ke Inggris untuk meminta perlindungan dari Sepupunya si Ratu Elizabeth. Mary yang merasa dirinya adalah "Divine Queen" harusnya bebas dan bisa kembali lagi menjadi ratu Scotland malah dijadikan tahanan oleh Elizabeth selama 20 tahun. Kisah ini berakhir ... (seperti sejarah mencatat) Queen Mary dinyatakan bersalah karena berplot untuk membunuh Elizabeth, dan dia akhirnya dipenggal.

Gue selalu salut sama Philippa, bagaimana dia bisa membuat suatu dialog dari sebuah kisah nyata, bagaimana dia bisa menembak saat itu pada hari itu si tokoh A lagi merajut dan membicarakan soal "ABC", kalo misalnya novel tersebut fiksi dan bukan sejarah sih bisa - bisa aja, tapi hampir semua novelnya itu Sejarah yang bener - bener terjadi dan bisa dibuktikan.

Balik lagi ke Mary dan Elizabeth, kalo ada yang tau kenapa Elizabeth bisa dinobatkan menjadi ratu terhebat yang Inggris pernah punya ... silahkan lihat di Wikipedia. Tapi menurut gue kenapa Elizabeth bisa hebat mungkin karena faktor keberuntungan sekaligus dia punya penasihat yang hebat, William Cecil.

Jika Elizabeth harus berhadapan one on one dengan Mary gue rasa Mary akan menang. Di dalam buku, Mary merancang semuanya sendirian, sedangkan di kubu Elizabeth, semuanya diatur sama William Cecil. Elizabeth seharusnya punya sumber daya tidak terbatas, sedangkan Mary harus memohon agar orang - orang membantunya, tetapi Elizabeth benar - benar kesulitan menghadapi Queen Mary dan sekutunya. Menurut catatan Philippa, kisah ini adalah salah satu sejarah Inggris terkelam.

Kisah Mary menurut gue merupakan kisah yang lumayan tragis, dimana banyak banget ketidak beruntungan menyertai dia. Mulai dari perkawinannya yang tragis, suaminya yang dipenjara, anaknya yang diambil dari dia, ditahan oleh sepupunya sendiri, sampai akhirnya dipenggal.
Sedih banget ngebayanginnya kalo kita ga bisa ketemu lagi sama anak kita dan orang - orang yang kita sayangin. But at least pengorbanannya tidak sia - sia, anaknya James diangkat menjadi Raja Inggris dan Scotland menggantikan Elizabeth.

Lalu satu lagi yang gue simpulkan : Mamanya Elizabeth, Ann Boylen, mati dipenggal. Setelah Elizabeth meninggal, dia mengangkat anaknya Mary, James sebagai raja atas Inggris dan Scotland. Kenapa mamanya musti dipenggal dulu kalo mau jadi King/Queen ...hehehe ... tragis.

No comments: