My Pages

Monday, August 4, 2008

Terapi akhiri-apa-yang-kau-mulai

Ntah apa ini hanya terjadi sama gue atau sama banyak perempuan lain di dunia ini, tapi yang jelas kelakuan gue yang satu ini membawa dampak yang ngga bagus buat masa depan gue, dan sekitar gue.

Gue selalu tanggung, alias nggak pernah bisa menghabiskan sesuatu, gue baru sadari hal ini beberapa minggu yang lalu. Saat itu gue lagi nonton TV dan tangan gue menjangkau body lotion yang ada deket meja, lalu gue sadar kenapa body lotion gue ada dimana - mana? lalu segera gue bangkit dan ngumpulin semua body lotion yang ada di seluruh penjuru rumah gue. Hasilnya bener2 mengejutkan kalo gue punya sekitar 7 body lotion yang isinya boro - boro kepake setengahnya.

Lalu gue pergi ke kamar mandi gue dan gue menemukan 4 shampo, 2 sabun cair, 1 sabun batang, dan 2 body scrub, yang sama juga boro - boro kepake setengahnya.

Lalu gue liat ditempat alat tulis gue dan gue temuin hampir 10 pulpen yang masih bisa dipakai, lalu gue beralih liat peralatan kosmetik gue, mulai dari lipstik, parfum, kuteks, tisue, lalu baju - baju gue, lalu buku - buku gue, dan sebagainya, lalu gue sadar mungkin gue punya phobia untuk menghabiskan sesuatu atau memang gue nggak bisa.

Gue cuma berpikir gue nggak bisa begini, pertama ini pemborosan (ini bukan masalah uang sebenarnya tapi lebih ke arah tanggung jawab), dan kedua gue sudah menghabiskan space dirumah gue.

Ada temen gue pernah ngejoke kayak gini :

Wanita = makan + tidur + belanja & habisin duit
keledai = makan + tidur
maka :
wanita = keledai + belanja & habisin duit
maka :
wanita - belanja & habisin duit = keledai
maka:
wanita (yang tidak tau) belanja & habisin duit = keledai

Dulu gue anggep joke ini lucu banget, padahal joke ini terjadi karena image orang tentang perempuan itu sendiri. Tapi apa bener perempuan harus punya image kayak gitu ?

Gue sedang melakukan langkah preventif untuk mengatasi hal ini :

1. Gue pakai seluruh produk yang berceceran dirumah gue satu persatu sampe habis, setiap kali gue pakai, gue merasa kesel "kapan sih ini lotion abisnya" gitu, tapi hal ini menimbulkan kesadaran ketika tiap kali beli barang, dan karena gue pakai sampai muak - muak, gue jadi ngerti apa yang namanya proses dan kesabaran.

2. Gue nggak lagi deh beli majalah cewek yang buat gue jadi konsumtif, dan kalau gue emang ga nahan untuk ga beli majalah, mending gue beli National Geographic, yah minimal majalah ini gue bisa koleksi untuk anak gue (suatu saat gajah dah punah, gue bisa kasih liat anak gue bentuk gajah dari NG ... wakakaa, tanpa perlu beli buku "binatang purba" lagi buat pelajaran dia), selain itu majalah ini kadang nyadarin gue kalo gue dah nyampah.

3. Tiap kali gue ngiler sama satu benda, gue coba untuk ga langsung beli, gue akan mundar mandir dulu (niatnya sih mo cari yang lebih murah), tapi karena udah mondar mandir akhirnya gue bener - bener ga jadi beli karena udah muak mondar mandir. It realy works, (to be honest)buktinya gue bisa ga beli apa2 di Ladies Market, mongkok yang isinya the coolest-girl-stuff-from-hell semua!!

4. Gue selalu bilang "thanx" sama benda - benda yang gue akhirnya habiskan, emang sih kedengerannya konyol banget (cuma orang gila dan idiot yang ngelakuin kayak gini), tapi hal itu membuat gue menghargai benda - benda yang gue punya.

5. Tiap minggu gue selalu sempet - sempetin diri untuk stock opname, gue ngitungin sisa tissue gue, pembalut gue, iket rambut, kapas, dan hal - hal yang lainnya, so kalo gue jalan - jalan, gue ga perlu cari alesan ke supermarket karena tissue gue dah mo abis (padahal gue ga tau jumlahnya), jadi gue ga perlu bawa - bawa tentengan kalo abis jalan - jalan.

6. Tiap ngiler sama hal - hal kecil, kayak kutek, lipstik, dll gue musti mikirin anak dirumah, alias mikirin nasib barang - barang gue, atau musti ciptain pikiran kalo barang gue pasti mikir "yah kita dapet temen baru lagi, kapan kita dipake, lama - lama basi deh" emang it sounds ridiculous, tapi sekali lagi dalam sebulan ini it works for me.

7. Ketika lagi terapi, harus diumbar - umbar ke orang lain, supaya kalo gue gagal gue jadi malu ! kita kan ga mau malu, so jangan sampe gagal, ini bener - bener sumber tenaga ekstra, yang buat gue mikir dua kali kalo belanja, kalo sampe ketauan temen gue bisa dicibir lagi.

8. Barang boleh dibuang kalo ada kondisi, kondisi yang dimaksud contohnya, kalau dulu pernah beli kosmetik dan ga cocok barang boleh dibuang, gue punya 7 lotion di rumah, dan ga ada satupun yang buat kulit gue iritasi, so gue musti pake semua sampe habis, karena ga ada kondisi yang buat mereka dibuang. Tapi kalo menciptakan kondisi sendiri, lo udah gagal dan lo harus ngestempel jidat lo dengan kata "PecundanG" <== Capital Pii Capital Giii, font 24, Arial. To be honest gue baru jalanin terapi gue ini satu bulan, dan efeknya pun emang belum begitu berasa (specialist di tabungan gue). Yang bisa gue rekap dari hasil sementara : 1. Gue bisa nabung hampir 80% gaji gue. 2. Lama - lama gue terbiasa sendiri untuk jalan - jalan tanpa bawa pulang barang, dulu tangan gue kayak gatel - gatel gitu. 3. Gue jadi lebih sabar, karena emang untuk menyelesaikan sesuatu butuh proses, dan dampaknya juga ada sama pekerjaan gue. 4. Tiap beli makanan, biarpun ga enak harus gue abisin ! Kecuali kalo ada kucing kelaperan disekitar, pasti gue bagi... im seriusssss !! 5. Gue jadi lebih menghargai hal - hal yang gue milikin, dan bertanggung jawab, suatu saat kalo gue udah bosen ngerawat anak gue kan ga bisa gue tinggal gitu aja, ato gue dah bosen sama kerjaan gue, ato bosen sama laki gue, it's the matter of responsibility. Gue ga bisa omong besar dulu, tapi gue bisa consider sedang menuju berhasil, karena berhasil bertahan sebulan lebih, hehehe. Dulu juga punya banyak komitment seperti bangun pagi dan olah raga, saat teduh tiap hari, dsb, dsb. Tapi semuanya jarang yang bertahan lebih dari seminggu, tapi terapi ini membuat gue makin konsisten untuk melakukan terapi2 gue yang dulu, so i consider it works for a while, tapi semuanya emang butuh proses, ga mungkin dalam sebulan gue bisa bilang "gue orang sukses", hanya Tuhan yang tau, dan doa gue dan orang - orang yang membantu. Tapi seperti gue bilang, gue harus cerita karena gue makin kuat kalo makin banyak orang tau, biar gue bisa keep conscious akan komitment gue yang satu ini ! For all ladies in the whole universe, yakinlah kalo lo bukan keledai !

3 comments:

Stephanie Angela said...

ehm ehm.. mengutip kata2 lo :

4. Gue selalu bilang "thanx" sama benda - benda yang gue akhirnya habiskan, emang sih kedengerannya konyol banget (cuma orang gila dan idiot yang ngelakuin kayak gini)

jadi lo ngaku lo gila say? :o OMG mai pren... ternyata.... wakakakaka...

wah kita lihat say.. ntar kalo gue pulang gue seret lo ke mall.. buat membuktikan komitmen lo ini! hahaha....

atu lagi.. jadi kapan mba punya anak beneran.. hihi.. jangan kosmetik lo anggep anak duoooonk...

oleen jap said...

wah sorry dory nih, kalo gue dah ga jadi temen belanja terhebat lo lagi, jaman itu sudah berlalu my dear, wakakakaka.

Stephanie Angela said...

adu tante... bisa aja nih..
gue mau membuktikan dulu ya dengan mata kepala gue.. hihi.. ajak kemana yaaaaaaaaaa enaknya hihihi.........