My Pages

Thursday, June 11, 2009

KM Lawit - my sweet sour memory

Gue baru baca di Kompas kalo kapal ini karam beberapa hari yang lalu, gue jadi keinget my sweet sour memory di sana. Gue punya banyak kenangan manis di kapal ini, dulu pas ngerasain sih pahit, tapi pas gue bahas lagi sama adek gue baru - baru ini kita jadi ngakak bareng.

Dulu waktu libur akhir taon (waktu itu naik dari kelas 1 sma), pernah naik kapal ini bareng adek gue pulang kampung ke Belitung. Sangking kangen ama nenek di sono trus kangen sama pantai - pantainya yang trully beautiful (rumah nenek gue pas belakannya pantai looo, sampe - sampe kalo mo BAK yaaa harus gali pasir dulu!), kita bela - belain naik kelas ekonomi yang seharaga 90.000, tiket pesawat pada abis!

Berangkat dari rumah menuju pelabuhan Tanjung Priok dianterin bokap. Dalam bayangan gue tuh kayak kapal pesiar gitu, sambil gue tatain bokap gitu pake sapu tangan pas kapal mulai berangkat dari dek kapal ... yaa kayak di pilem - pilem itu laaahhh.

Sampe sana bayangan gue soal kapal pesiar buyar, antrian naik ke kapal itu udah puaannnjjaanngg bener, ada yang bawa karung gede - gede, ada yang bawa ayam dan kerabatnya, pokoknya penumpangnya tuh caur maur banget maklum lah naik kapal laut kan emang untuk masyarakat ekonomi kelas bawah ... tapi gue ga nyangka sebawah itu gitu loh !!

Sampe gue mikir ... "gile ini orang banyak bener, apa muat nih kapal?", gue liat kearah kapal yang gede itu, orang naiknya aja udah susah bener, tapi akhirnya gue naek juga deh! Sampe atas, boro - boro bisa tatain bokap, liat kaki ndiri aja susah banget!

Tempat tidur di kelas ekonomi ga seperti di kelas bisnis dengan kamar yang bisa ditempatin 4 orang, kelas ekonomi terdiri dari ruangan yang gede dimana tempat tidur di jejerin dari ujung ke ujung sampe belasan row ! nah siap - siap aje deh tidur disebelah abang - abang bau ketek! Tapi boro - boro bisa tidur di sebelah abang - abang bau ketek, nemu tempat buat naro pantat aja ga ada ! Penuh banget, sampe - sampe satu tempat tidur bisa ditempatin sampe 3 orang ! Akhirnya gue sama adek gue nyari tempat duduk di dek kapal, dan ternyata susah bener juga! Usut punya usut ternyata banyak orang ga beli tiket tapi bisa ikut nimbrung pulang kampung! Pantnes aja banyak kapal Indo tenggelem ... gue curiga tuh pesawat Adam Air yang ilang juga gara - gara ada orang kaga dapet tempat duduk, terpaksa berdiri kayak di kopaja gitu ...kekekekek, abis kelakuan departemen transportasi rada - rada ga jelas juga sih.

Lanjut lagi soal Lawit, akhirnya gue sama adek gue tidur di dek kapal, disebelah gue ada sekelompok pengamen lagi rehearsal kayaknya ... tadinya sempet jiper juga, untung mereka kaga macem - macem, tapi cuek aja. Bagusnya tidur di dek, lo bisa liat langit penuh bintang dan lautan luas tanpa batas dan disertain hembusan angin laut yang ga bakal semua orang Jakarta bisa ngalamin ... ngerasa kayak terdampar!

Gue inget sekitar jam 2 makan siang, trus gue liat banyak orang bawa nampan kayak orang dipenjara, isinya ikan lempa gitu sama nasi, kata adek gue mungkin masaknya di kuali guede banget yang lo ga tau apa aja isinya .... bisa upil, kotoran cicek, dsb (hiiiii), secara yang makan orang sekapal. Tapi sangking penasaran gue coba ah mo ngantri ke tempat ngambil makanan, eh malah gue nyasar ke kelas bisnis. Di kelas bisnis, makanan disajiin prasmanan, kayak orang kondangan gitu .... huhuhuhu.... idup emang kaga adil! akhirnya gue makan bekal yang gue bawa aja, abis itu dari pada bete mending jalan - jalan keliling kapal, dan yang paling parah emang ga ada satupun tempat tersisa, semua tempat ada orangnya, sampe di sekoci - sekocinya!

Perjalanan ke Belitung naik pesawat = 1,5 jam, naik kapal laut = 14 jam kalo ga ngaret. Malem datang, dan gue ama adek gue pucing, udah laper, dingin, dsb. Trus gue ketemu sama dua mahasiswa "Bina Nusantara" (sampe gue kutipin), namanya Charlie dan Seboy. Mereka mau ke pontianak, Lawit ini tujuan sebenernya ke Pontianak, tapi karena Belitung di tengah - tengah, so mereka mampir bentar buat nurunin penumpang jurusan Belitung.

Charlie dan temennya itu sweet banget (die juga lumayan ganteng, tapi guenya masih blom oke tuh waktu ntu...hehehhe), mereka nawarin share tempat tidur buat gue sama adek gue, akhirnya kita ikut juga. Ngobrol ngalor ngidul akhirnya jam 2 pagi kapal sampai ke Belitung. Gue bingung, udah sampe mana pantainya, mana pelabuhannya .... kok gelap - gelap aja. Ternyata kita diturunin di tengah laut, sambung lagi pake kapal kayu untuk sampe ke pelabuhan , soalnya pantainya terlalu landai untuk bisa dilabuhin kapal, jadi terpaksa deh. Ga cuma naek angkot yang gonta - ganti, naik kapal juga musti gonta - ganti trayek!

Turun pake tangga kecil dan bawa tas gede dipunggung, kalo nyebur langsung disetrum ubur - ubur. Serius, gue sampe bisa liat banyak ubur - ubur dalem laut. Kapal kayu yang kecil dimuatin banyak koper + penumpangnya, jadilah jarak antara permukaan laut + bibir kapal cuma beberapa cm, udah ngeri tenggelem aje ... ternyata tuh kapal mampu juga sampe pelabuhan (kalo ga salah nama pelabuhannya Tanjung Ru, Pegantungan), dan sampe juga gue rumah nenek gue di Tanjung Pandan.

Pulangnya, 31 December 2000, naik KM Lawit lagi dong, secara beli tiket PP, sampe ngaret 10 jam tuh kapal, dari jam 8 schedulenya, baru naik jam 6 sore, plus 14 jam perjalanan udah kayak pergi ke Amrik aja gue! Tidur di dek lagi, ketemu anak binus lagi, ngobrol ngalor ngidul lagi, tapi ga ketemu Charli dan Seboy ... padahal udah ngarep ketemu lagi ... hehehehe. Tanggal 1 January 2001 pagi, rame - rame sama temen - temen baru yang ga dikenal, pertama kali gue liat sun rise langsung dari lautnya, nggak di tepi pantai lagi kayak di Kute, Bali. Sayang waktu itu masih bokek kaga punya kamera, dan lagian kamera digital juga blon ada, jadi cuma bisa ngabadiin di my own memory.

Sampe rumah bokap gue terheran - heran sama kita berdua dan sama KM Lawitnya, Bener - bener pengalaman yang bener - bener nggak terlupakan.

Lo liat tuh kapal miring ke kiri udah kayak kopaja aja kan ! pasti kebanyakan penumpang dibagian kiri, itu gue inget tidur di dek deket pager lantai satu sebelah kanan... hehehehe.